Senin, 22 Agustus 2016

Belajar Kaligrafi Arab

Belajar Kaligrafi Arab

Mungkin anda yang mengunjungi website ini baru atau awam mengenai seni kaligrafi untuk itu kami sebagai perantara dalam seni kerajinan kaligrafi menulis ulasan bagaimana cara belajar kaligrafi Arab yang mudah dan simple.

Seperti yang telah saya ulas pada artikel pengertian kaligrafi/ khot arab, bahwa khot adalah seni menulis arab dengan indah, langsung ke point sajalah, seperti halnya menulis huruf-huruf lain, kita harus mengetahui bentuk dan fareasi huruf yang kita tulis dalam hal ini adalah huruf arab, setelah kita bisa menulis arab, kita ingin tulisan kita indah dan sesuai dengan tata cara menulis huruf arab yang betul dan indah, inilah yang dinamakan khot, belajar khot memang tak semudah membalikkan sebuah tangan yang hanya melihat langsung kita bisa melakukan dengan baik  tidak seperti itu, belajar khot arab membutuhkan proses  latihan, seperti halnya seni-seni yang lain membutuhkan proses penemuan jati diri kesenianya.



Dalam proses latihan khot yang harus kita tahu adalah tata cara penulisan yang sesuai kaidah khot, sebelum kita membahas lebih jauh, yang harus kita sadari bahwa latihan menulis khot itu diibaratkan diri kita adalah sebagai komputer dan tangan kita adalah printernya dan tulisan kita adalah hasil dari ide dari komputer dan dicetak menggunakan printer, maka dari itu kita harus menginstal terlrbih dahulu printer kita, disini tangan kita, dengan cara banyak menjiplak tulisan yang sesuai kaidah atau telah diakui keindahanya dan kesusuaian kaidahnya, itu salah satunya. Untuk memulai belajar khot terlebih dahulu kita harus bias menulis nuqtoh (titik) yang benar, karena semua huruf akan kembali pada titik yang kita buat, titik adalah dasar dari semua dasar kaidah menulis khot, jadi titik yang kita tulis harus baik dan benar supaya tulisan kita menjadi baik dan benar.

seperti dalam kaidah khot, bahwa titik adalah ukuran dari semua huruf, seperti huruf alif seberapa panjang huruf alif itu, yaitu jika kaidahnya ada yang mengatakan 6 atau 4 huruf, menyesuaikan ketebalan huruf tersebut dan dalam pemakaianya. Bahwa jelas pembuatan titik sangatlah penting, maka dari itu kita harus berlatih membuat titik yang benar.

Jika sudah bisa membuat titik kita coba membuat zigzag atau garis berliku menggukan alat tulis kita, buatlah sebagus mungkin, jika dirasa sudah bagus, sekarang kita coba membuat huruf arab tersebut, satu persatu yang sesuai kaidah yaitu sesuai ukuran titik. Coba terus hingga bisa baik dan bagus. Selamat mencoba..
Previous Post
Next Post

0 komentar: