Rabu, 26 Juli 2017

Khat Kufi, kaligrafi tertua sepanjang sejarah perkembangan kaligrafi Islam.

Gaya penulisan Kufi atau khat Kufi merupakan pengembangan dari bentuk naskah kuno sebelumnya yaitu bentuk Nabatean. Kufi mulai berkembang dan dikenal secara luas sebagai gaya penulisan indah pada abad ke 7 masehi. Gaya penulisan kaligrafi ini banyak digunakan untuk penyalinan Alquran periode awal. Karena itulah, gaya penulisan Kufi ini disebut sebagai model penulisan paling tua diantara semua gaya penulisan kaligrafi Islam.

Nama kufi itu sendiri dipercaya disadur dari nama tempat berkembangnya kaligrafi jenis ini, yaitu di sebuah daerah di Irak bernama Kufa. Khat Kufi memiliki ciri-ciri bentuk huruf yg khas didominasi oleh bentuk garis yang kaku, patah-patah, siku-siku, dan terkesan formal.

Diantara jenis Khat Kufi yang berkembang antara lain :
  1. Kufi Musyajjar (Floriated Kufi), yaitu model Kufi di mana garis Vertikalnya diperluas ke bentuk dedaunan dan bunga dalam berbagai ukuran.
  2. Kufi Mudhaffar (Plaited Kufi), yaitu jenis tulisan tulisan Kufi dengan huruf-huruf vertikalnya didominasi oleh persinggungan huruf yang saling berkait dan bersilang dalam jalinan antara satu huruf dengan huruf yang lain.
  3. Kufi murabba (Squared Kufi), yaitu komposisi bentuk huruf terdiri dari garis-garis lurus horizontal yang dihubungkan dengan garis-garis vertikal hingga tercipta sudut atau bersiku-siku berbentuk persegi empat. Jika diamati secara seksama, Kufi Muraaba terkesan komposisi hurufnya selalu membentuk persegi dengan tingkat kerapatan huruf dan spasi huruf lainnya saling mengisi.
  4. Kufi Muzakhraf (Illuminated Kufi), adalah khat Kufi yang dipadukan dengan zukhrufiyah yang ragam ornamen bunga berbentuk geometris. 
  5. Kufi Mushafi, yaitu jenis penulisan Kufi yang sering digunakan untuk penyalinan Alquran periode awal.

Previous Post
Next Post

4 komentar:

  1. Artinya yang khat kufi pada gambar apa Kak

    BalasHapus
  2. nanya : sejenis harakat, tapi bukan fathah, kasrah, dhummah, tasdid ataupun sukun, yang disisipkan di sela-sela huruf itu apa namanya, dan gimana aturan penggunaannya ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa saya dengar istilah tazyiin... mungkin ini yang dimaksud ..maaf

      Hapus
  3. jika pernah perihal itu pernah dibahas, mohon dikasih tahu pada artikel yang berjudul apa ? trims

    BalasHapus